Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran

  1. Pemohon/Penggugat membuat sendiri surat gugatan/ permohonan atau dapat menggunakan aplikasi yang sudah disediakan.
  2. Pemohon/Penggugat diwajibkan mengisi identitas Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat dengan benar dan lengkap.
  3. Pemohon/Penggugat mengirimkan surat permohonan/gugatan yang telah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat dan KTP melalui form pendaftaran perkara.
  4. Jika Pemohon/Penggugat memakai kuasa hukum, harus dilampirkan surat kuasa yang sudah ditandatangani oleh Pemohon/ Penggugat dan kuasa hukum Pemohon/Penggugat serta melampirkan fotokopi kartu tanda pengenal Advokat (ID Card) yang masih berlaku. Setelah mengisi form pendaftaran perkara online, Pemohon/ Penggugat menunggu validasi dari Petugas.
  5. Setelah validasi berkas dilakukan, Pemohon/ Penggugat dapat mendownload struk pembayaran dengan taksiran perhitungan panjar biaya perkara dilakukan secara otomatis oleh sistem sesuai dengan perhitungan biaya panggilan pada alamat yang dimasukkan khususnya untuk wilayah hukum Pengadilan Agama Tanjung Karang. Sedangkan untuk panggilan diluar wilayah hukum Pengadilan Agama Tanjung Karang berdasarkan taksiran panggilan Pengadilan Agama yang bersangkutan.
  6. Pemohon/Penggugat membayar panjar biaya perkara melalui produk perbankan apapun seperti ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan lain-lain atau membayar langsung ke Bank Rakyat Inonesia terdekat berdasarkan nomor rekening BRI 0098-01-001248-30-5 atas nama RPL No. 17 Pengadilan Agama Tanjungkarang sesuai dengan hasil simulasi panjar biaya perkara pada menu aplikasi dengan mencantumkan nama pemohon/ penggugat (pendaftar).
  7. Bukti pembayaran panjar biaya perkara dari bank, pada hari itu juga harus dikonfirmasikan pada kelengkapan berkas perkara melalui menu upload Scan Bukti Pembayaran sebelum kas ditutup (pada hari itu sebelum jam kerja penutupan kasir).
  8. Setelah dikonfirmasi oleh petugas pendaftaran Pengadilan Agama Tanjungkarang (Petugas Meja 1), bahwa panjar biaya perkara sudah dibayar (Petugas telah konfirmasi ke pihak Bank), maka akan dibuatkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan diberikan nomor registrasi pendaftaran perkara (perkara Anda sudah terdaftar di Pengadilan Agama Tanjungkarang). Pengadilan akan memberitahukan nomor Perkara melalui aplikasi atau email kepada Pemohon/ Penggugat.
  9. Pendaftaran selesai, Pemohon/ Penggugat menunggu surat panggilan sidang yang akan ditujukan kepada Pemohon/ Penggugat dan Termohon/ Tergugat, sesuai dengan alamat yang terlampir dalam surat gugatan/permohonan.
  10. Pada sidang pertama, Pemohon/ Penggugat harus menyerahkan surat gugatan/ permohonan asli (sejumlah 6 rangkap) dan softcopy dalam Compact Disk RW (CDRW), surat kuasa asli (jika memakai kuasa hukum), dan tanda bukti pembayaran asli dari pihak bank diserahkan kepada petugas Petugas Meja 1 Pengadilan Agama Tanjungkarang untuk divalidasi di kasir Pengadilan Agama Tajungkarang dan menerima (SKUM) asli dari kasir.
  11. Bagi yang menggunakan kuasa, surat kuasa harus didaftarkan kepada petugas pendaftaran Pengadilan Agama Tanjungkarang (Petugas Meja 1) pada sidang pertama.
  12. Surat gugatan/permohonan yang sudah dikirim (diupload) tidak bisa diubah kecuali dalam persidangan.
  13. Pendaftaran dilakukan pada hari dan jam kerja, pendaftaran diluar jam kerja akan direspon pada hari dan jam kerja berikutya.
  14. Jika Telah Melakukan Pendaftaran Mohon SMS Atau Telpon Ke 0812-79261723 / 0852-69335701 untuk dilakukan Validasi Pendaftaran.